Pembantaian Keji KKB di Nduga Papua, Ustaz dan Pendeta Jadi Korban, Terungkap Yang Terjadi

Iklan

terkini

Pembantaian Keji KKB di Nduga Papua, Ustaz dan Pendeta Jadi Korban, Terungkap Yang Terjadi

, Monday, July 18, 2022 WIB Last Updated 2022-07-18T03:57:53Z

Kabar terbaru terkait kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembak sebanyak 10 orang warga di Nduga, Papua. Korban kekejaman mereka salah dari ustaz hingga pendeta.

Dilansir detik Sulsel, Senin (18/7/2022), peristiwa berawal saat seorang anggota KKB memasuki kios milik salah seorang warga berinisial H Sabtu (16/7). Polisi menduga pelaku penyerangan berjumlah 21 orang. Sambil membawa pisau, anggota KKB itu memerintahkan orang dalam kios keluar.

"(Anggota KKB) menyuruh orang di dalam Kios untuk keluar disertai dengan menghambur barang kios," kata Wakasatgas Humas Ops Damai Cartenz AKBP Arif Irawan.

Selanjutnya beberapa saat kemudian, sekitar 20 orang anggota KKB lainnya juga tiba di lokasi. Sebagian besar dari mereka membawa senjata api laras panjang dengan jumlah kira-kira 15 senjata api.

Para kriminil ini kemudian meneriaki semua laki-laki yang ada di dalam kios untuk keluar. Saat itu, ada lima laki-laki dan dua perempuan keluar dari dalam kios.

Mereka lantas menyuruh dua perempuan itu masuk kembali ke dalam kios. Sementara lima pria tadi dibantai dan ditembak hingga tewas.

"Selanjutnya 5 orang laki-laki tersebut dipukul dan ditembak mati," katanya.

Aparat gabungan TNI Polri yang menerima laporan penembakan itu langsung turun tangan ke lokasi. Hingga akhirnya ditemukan ada 10 orang korban meninggal dunia, dan dua orang lainnya luka-luka.

"10 (Korban) meninggal dunia salah satunya seorang pendeta," ujar Arif Irawan.

Arif mengatakan jenazah pendeta itu sudah diserahkan ke pihak keluarganya. Sementara sembilan jenazah lainnya yang berasal dari luar Papua dievakuasi ke Bandara Moses Kilangin, Mimika, Papua.

"Pendeta Eliaser diserahkan ke keluarganya di Kenyam untuk dimakamkan," katanya.

Arif mengutuk serangan KKB yang tidak pandang bulu dan sangat keji tersebut.

"Sangat keji, tidak pandang bulu, seorang pendeta yang harusnya kita hargai dan kita hormati harus menjadi korban pembantaian KKB," katanya.

Selain pendeta, seorang ustaz menjadi korban KKB. Ustaz yang menjadi korban adalah Ustaz Daeng Marannu. Dia merupakan seorang dai yang biasa berdakwah di Masjid Kenyam, Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga, Papua.

Dari keterangan Polda Papua, Ustaz Daeng Marannu terakhir melakukan dakwah saat khotbah Idul Adha pada Minggu (10/7/2022) di Masjid Kenyam.

"Selain Ustadz Daeng Marannu, pendeta Eliaser Banner juga menjadi korban penembakan. Ia ditembaki saat melerai penganiayaan yang dilakukan KKB," ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, dalam keterangannya, Minggu (17/7/2022).

Kabid Humas sekaligus Kasatgas Humas Ops, Damai Cartenz, menambahkan, jenazah Ustaz Daeng Marannu akan diterbangkan ke kampung halamannya di Sulawesi Selatan.

Kamal menerangkan, kondisi di Kampung Nogolait berangsur kondusif. Sejumlah aparat bersiaga di lokasi untuk berjaga serta mengantisipasi adanya peristiwa yang tidak diinginkan.

"Di sana sudah ada anggota yang berjaga, dan kasus ini masih dalam penyelidikan. Kita bersama pihak terkait akan berusaha semaksimal mungkin menangkap para pelaku agar bisa diadili sesuai dengan hukum yang berlaku," katanya. (duniaoberita/mediaapakabar)

Foto : Ilustrasi 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pembantaian Keji KKB di Nduga Papua, Ustaz dan Pendeta Jadi Korban, Terungkap Yang Terjadi

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x