Skip to main content

BERITA TRENDING

Sri Sultan HB Angkat Bicara Atas Kerusuhan di Babarsari Yogyakarta

Menolong Diri Sendiri Saat Terseret Arus Sungai, Bagaimana Caranya?

Kabar terbaru datang dari sosok Adhi Nugroho, Pelatih Safety Rescue Renang mengatakan, berenang di sungai dan berenang di kolam renang itu sangat jauh berbeda.

Dikabarkan bahwa Satu hal terpenting yang harus dipahami oleh seseorang ketika beranang di sungai adalah titik masuk ketika mulai berenang dan titik keluarnya saat hendak menepi ke permukaan selalu berbeda.

“Kita harus tahu titik keluar pertama, kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Saat tidak bisa menepi ke permukaan di titik keluar pertama, jangan memaksakan diri untuk menepi dan naik ke permukaan,” kata Adhi Nugroho melansir Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Jumat (27/5/2022).

Adhi mengatakan bila seseorang tetap memaksakan diri untuk menepi dan naik ke permukaan, hal ini justru akan membuat tubuh kelelahan dan terseret arus sungai.

Ia menyarankan ketika tidak bisa menepi dan naik ke permukaan di titik keluar pertama, tetaplah berenang mengikuti arus sungai hingga titik keluar kedua untuk menepi.

Tapi, pastikan tubuh tetap mengapung dan kepala berada di atas pemukaan selama berenang mengikuti arus sungai.

Tak hanya itu, Adhi juga mengingatkan bahwa orang yang ingin berenang di sungai pun harus mengenali karakter dari sungai tersebut. Khususnya, arus utama sungai yang biasanya lebih deras sehingga harus dihindari.

“Karena itu, berenang di sungai itu hanya untuk orang yang bisa berenang. Kalau tidak bisa, lebih baik hindari sungai, jangan berenang di sungai,” kata Adhi. (duniaoberita/bantennews)

Foto : Ilustrasi Tenggelam