3 Gubernur Diprediksi Jadi Capres yang Disodorkan ke Surya Paloh

Iklan

terkini

3 Gubernur Diprediksi Jadi Capres yang Disodorkan ke Surya Paloh

, Wednesday, May 04, 2022 WIB Last Updated 2022-05-04T13:39:14Z

Kabar mengejutkan terkait Partai NasDem akan menyodorkan tiga nama calon presiden (capres) kepada Ketum Surya Paloh saat rapat kerja nasional (rakernas) pertengahan Juni mendatang. 


Dikabarkan bahwa tiga nama kepala daerah diprediksi masuk dalam daftar yang disodorkan.

"Dugaan kuat saya, Ganjar (Gubernur Jawa Tengah), Anies (Gubernur DKI Jakarta), dan Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat)," kata Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dikutip dari detikcom, Rabu, 04 Mei 2022.

Lembaga survei Politika Research & Consulting (PRC) bersama Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei kandidat calon presiden 2024. (Foto: dok. Istimewa)

Adi mengungkapkan alasan tiga nama gubernur itu diprediksi masuk dalam daftar. Mulai elektabilitas dalam survei yang tinggi hingga punya hubungan baik dengan NasDem.

"Kenapa Ganjar, karena Ganjar masih tetap menjadi komoditas papan atas Pilpres 2024 karena sejauh ini elektabilitasnya menjulang dan masih berjuang mencari tiket. Dalam konteks itu, NasDem kepincut Ganjar. Andai PDIP tak majukan Ganjar, sangat mungkin Ganjar didukung NasDem dengan catatan Ganjar mau," ujarnya.

"Kenapa Anies, karena Anies punya korespondensi historis dengan NasDem sebelum NasDem jadi partai. Termasuk faktor elektabilitas Anies yang masuk 3 besar di survei. Kenapa Ridwan Kamil (RK), karena RK diusung NasDem saat maju Pilgub Jabar. NasDem all out menangkan RK. Tentu termasuk elektabilitas RK yang masuk 5 besar survei," lanjutnya.

Selain tiga nama gubernur tersebut, Adi menilai nama Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga bisa masuk dalam daftar. Sandi dinilai bisa menggeser posisi Ridwan Kamil lantaran menjadi komoditas pilpres.

"Tapi mungkin juga NasDem akan usulkan Ganjar, Anies, dan Sandi menggeser RK. Kenapa Sandi, karena Sandi masuk 4 besar survei dan belakangan jadi komoditas pilpres. Problemnya, Sandi masih bagian penting dari Gerindra," ucapnya.

Lebih lanjut Adi mengatakan NasDem merupakan partai yang terbuka sehingga lebih realistis dalam mengusung seseorang untuk maju pilpres. Nama-nama tersebut diduga kuat akan masuk dalam daftar capres yang akan disodorkan kepada Surya Paloh.

"NasDem partai terbuka. Pasti realistis memunculkan nama-nama yang punya elektabilitas tinggi dan kemungkinan leading di pilpres. Dugaan saya, belum ada nama-nama lain selain nama-nama yang tadi," imbuhnya.

TGB Jadi Tokoh Capres Alternatif Luar Jawa

Tuan Guru Bajang (TGB) dinilai menjadi tokoh dari luar Jawa yang berpotensi disodorkan namanya ke Surya Paloh

"Tokoh di luar Pulau Jawa yang paling potensial saya kira misalnya Tuan Guru Bajang. TGB punya kans juga, selain punya benih popularitas, dan karisma politiknya yang belum memudar sampai sekarang," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah kepada wartawan, Selasa (3/5/2022).

Jika dilihat dari keseluruhan, Dedi mengatakan Anies Baswedan-lah yang berpeluang besar masuk dalam jejaring capres NasDem. Dedi menilai sulit bagi NasDem untuk menyodorkan nama kader partainya sendiri sebagai capres.

"Kalau membaca situasi antara hubungan Anies Baswedan dengan NasDem, besar kemungkinan nama Anies akan masuk dalam jejaring capres NasDem. Sementara nama yang lain kalau dilihat dari kader NasDem sendiri cukup sulit mengemuka, bahkan termasuk Surya Paloh dan memang Surya Paloh terlihat tidak punya ambisi untuk maju sebagai capres," ujarnya.

Dedi menyampaikan ada kecocokan karakter NasDem dengan Anies. Hal itu jika dilihat dari pemilih Anies yang didominasi oleh pemilih NasDem.

"Nama Anies saya kira adalah nama yang paling potensial dalam survei terbaru IPO. Misalnya periode 11-17 Maret 2022, pemilih Anies Baswedan didominasi oleh pemilih Partai NasDem kalau dari pemilih parpol. Sehingga ada kecocokan karakter pemilih NasDem dengan Anies Baswedan," imbuhnya.

Oleh : duniaoberita

Sumber: mediaapakabar


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 3 Gubernur Diprediksi Jadi Capres yang Disodorkan ke Surya Paloh

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x