Terungkap 5 Permintaan Kades Dikabulkan

Iklan

terkini

Terungkap 5 Permintaan Kades Dikabulkan

, Wednesday, March 30, 2022 WIB Last Updated 2022-03-31T15:28:32Z

Kabar terbaru terkait  kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia memberikan  dukungan terhadap Presiden Joko Widodo.

Dikabarkan bahwa dukungan itu disampaikan saat Silaturahmi Nasional Desa 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3).

Selanjutnya dukungan pertama disampaikan perwakilan Aceh bernama Muslim.

Muslim berkata petani di sekitar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sejahtera sejak Jokowi memimpin. Muslim memohon agar Jokowi serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bisa memindahkan kantor pengurus TNGL dari Medan ke Aceh.

"Tolong ini sebagai permintaan kami kepada Bapak. Saya yakin Bapak bisa mengabulkannya dan Pak Presiden bisa mengabulkannya. Jokowi 3 periode, setuju?" ujar Muslim saat berdialog dengan Luhut.

"Setuju!" ujar sebagian peserta merespons seruan Muslim.

Seruan Jokowi 3 periode juga terdengar saat Jokowi hendak meninggalkan Istora Senayan. Saat itu, Jokowi menghampiri ratusan peserta yang berkerumun di gerbang utama.

Saat Jokowi mendekat, sejumlah peserta mulai berteriak mendukung Jokowi 3 periode. Mereka semakin berani menyuarakan aspirasi itu saat Jokowi semakin dekat.

"Tiga, Pak! Tiga, Pak!" teriak seorang peserta.

"Pak Jokowi tiga periode!" ucap peserta lain menyauti.

Jokowi tak membalas seruan itu dengan kata-kata. Mantan wali kota Solo itu hanya melemparkan sejumlah kaus hitam ke kerumunan. Para peserta pun sikut-sikutan berebut kaus dari Jokowi.

Seusai acara, Ketua Umum Apdesi Surtawijaya mengatakan pihaknya mendukung Jokowi untuk menjabat 3 periode. Semula, Apdesi akan mendeklarasikan dukungan pada acara tersebut.

Rencana itu batal usai dilarang oleh Luhut dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Meski demikian, Apdesi tak berhenti menyuarakan dukungan agar Jokowi menjabat 3 periode.

"Habis lebaran kami deklarasi. Teman-teman di bawah kan ini bukan cerita, ini fakta," ungkap Surtawijaya saat ditemui di Istora Senayan, Jakarta pada Selasa (29/3).

Surta mengklaim semua kepala desa akan berjuang mendukung Jokowi 3 periode. Menurutnya, upaya ini sebagai balas budi setelah Jokowi mengabulkan semua permintaan kepala desa.

"Apa yang kita inginkan, Beliau kabulkan. Sekarang kita punya timbal balik, Beliau peduli sama kita. Teman-teman sepakat tadi, 3 periode, lanjutkan," ujarnya.

Sedikitnya ada lima tuntutan dari aparatur pemerintah desa yang dikabulkan Jokowi.

Tuntutan itu disampaikan dalam acara Silaturahmi Nasional Desa yakni, honor kades bisa cair setiap bulan, dana operasional ditambah 3 persen dari dana desa, stempel desa diubah, proses pencairan SPJ disederhanakan, dan pemberian diskresi pengguna BLT desa.

Surta membantah anggapan para kepala desa diarahkan Luhut untuk mendukung kader PDIP itu menjabat 3 periode. Ia mengklaim dukungan ini murni aspirasi para pimpinan desa.

"Enggak ada. Dia ngelarang malah. Ketemu aja dilarang, 'Kamu jangan cerita-cerita begitu.' Udah saya tidak enggak berani ngomong," ujar Sutarwijaya. (duniaoberita/cakaplah)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Terungkap 5 Permintaan Kades Dikabulkan

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x