SBY Beri Pandangan Soal Serangan Rusia ke Ukraina

Iklan

terkini

SBY Beri Pandangan Soal Serangan Rusia ke Ukraina

, Thursday, March 03, 2022 WIB Last Updated 2022-03-31T15:36:47Z

Kabar mengejutkan datang dari seorang Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan pandangan soal penyerangan Rusia ke Ukraina, baru-baru ini.

Dikabarkan bahwa pandangannya tersebut disampaikannya melalui akun Twitter @SBYudhoyono, Rabu, 2 Maret 2022.

"Tidak ada yang tahu pasti, seperti apa ujung dari perang yang tengah terjadi di Ukraina. Juga tidak mudah diprediksi apakah perang segera berakhir atau justru menjadi perang berlarut," ujarnya.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini melanjutkan, memang benar perang adalah kelanjutan dari politik dengan cara lain.

"Tetapi, setiap perang, betapapun dahsyatnya, selalu terbuka peluang (window of opportunity) untuk diakhiri secara politik. Semoga terbuka peluang itu," ujarnya.

Namun, lanjutnya lagi, seberapa panas dan eskalatifnya geopolitik di kawasan Eropa, ada dua hal besar yg bersifat “NO GO”.

Pertama, ia mengatakan, jangan sampai perang ini mengarah ke “peperangan dunia”.

Kedua, SBY melanjutkan, jangan pernah berpikir dan berniat untuk menggunakan senjata nuklir, dari pihak manapun.

Hingga saat ini, menurutnya, dunia berhasil untuk mencegah terjadinya “2 No Go” tersebut -- Perang Nuklir dan Perang Dunia Ke-3.

"Jangan sampai upaya besar selama 70 tahun lebih ini sia-sia belaka. Mari cegah kehancuran kehidupan di muka bumi kita," serunya.

Ia pun mengimbau agar para pemimpin dunia, terutama para pemimpin politik, harus “do something” utk mencegah “2 No Go” tersebut.

Ini sudah “beyond politics”, tetapi sebuah kewajiban moral tertinggi. Pembiaran bukanlah opsi yang bisa diterima.

Ia menyatakan, bangsa-bangsa sedunia juga harus bersuara dan mendukung para pemimpin mereka utk “bersatu” dan mencegah terjadinya malapetaka besar yang tak pernah kita bayangkan bersama. (Sumber Terkait: Galamedianews)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SBY Beri Pandangan Soal Serangan Rusia ke Ukraina

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x