DUNIAOBERITA.COM

DUNIAOBERITA.COM - Berita Terkini dan Terpercaya, Berita Online Hari Ini Indonesia

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Akhirnya Terbongkar Alasan Warna Krem Seragam Baru Satpam

    , Kamis, Februari 03, 2022 WIB Last Updated 2022-02-03T12:19:29Z

    Kabar terbaru berkaitan dengan seragam baru satpam berwarna krem resmi dikenalkan ke publik dalam acara HUT Satpam ke-41 kemarin. Polri menjelaskan alasan pemilihan warna tersebut.

    "Pemilihan warna krem untuk menyerasikan dengan warna baju dan perlengkapan lainnya (celana, field cap, pet, sepatu, kopel dan tali kur)," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/1/2022).

    "Proses penentuan warna telah dilakukan pertemuan-pertemuan antara Abujapi (Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia) dan Korbinmas Polri, sehingga terpilih warna krem yang seperti saat ini," ucapnya.


    Dikabarkan bahwa Ramadhan mengatakan perubahan yang hanya pada warna kemeja itu sudah berdasar atas pertimbangan ekonomi. Dia menyebut tidak ingin membebani satpam sehingga celana lama tetap bisa digunakan.

    "Penggantian hanya warna kemeja seragam satpam dari cokelat muda menjadi warna krem. Dan warna celana tetap cokelat tua adalah pertimbangan ekonomi sehingga tidak terlalu membebani bagi satpam, BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) atau pengguna jasa satpam. Celana yang lama dapat digunakan lagi dalam menjalankan profesinya," katanya.

    Dia mengatakan pergantian itu juga untuk mengurangi kemiripan dengan polisi yang memiliki fungsi yang sama. Dia menyebut warna krem seragam satpam masih serumpun dengan warna seragam Polri.

    "Selain itu juga untuk mengantisipasi apabila dalam praktiknya nanti terjadi distorsi warna tidak menjadi mirip dengan institusi yang memiliki tugas dan fungsi yang sama," ujarnya.

    "Warna krem adalah warna turunan dari warna cokelat dengan gradasi lebih terang sehingga masih dalam kategori rumpun warna seragam Polri," tuturnya.

    Selain itu, warna krem seragam satpam sebut Ramadhan untuk menjaga moril satpam. Dia menyebut perbedaan warna seragam antara polisi dan satpam adalah untuk memberi rasa bangga bagi profesi satpam.

    "Selain itu juga untuk menjaga moril dan psikologis satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas agar tercipta hubungan kerjasama yang harmonis antara pembina dan yang dibina," ucap Ramadhan.

    "Pembedaan identitas ini sangat penting untuk memberikan kebanggaan bagi profesi satpam itu sendiri," tuturnya.

    Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hari ini memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-41 Satuan Pengamanan (Satpam) di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2). Dalam kesempatan itu, Sigit mengungkapkan Satpam merupakan profesi yang mulia.

    Sigit dalam agenda itu menjelaskan soal pentingnya profesi Satpam. Dia mengatakan Satpam merupakan bagian dari mitra Polri yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    "Bahwa Satpam merupakan profesi yang mulia dan menjadi bagian dari mitra Polri yang memiliki kewenangan melaksanakan tugas-tugas kepolisian terbatas sebagai bagian dari kegiatan pam swakarsa yang telah dibina. Dan tentunya ini sangat penting dalam ikut membantu tugas-tugas kepolisian," kata Sigit setelah memimpin upacara HUT ke-41 Satpam. (Source : Riau Green)


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Akhirnya Terbongkar Alasan Warna Krem Seragam Baru Satpam

    Topik Populer

    Iklan

    Close x