Skip to main content

BERITA TRENDING

Terbaru ! Jenazah Sri Mulyani Sudah Tiba di Rumah Duka Pagi Ini di Tangerang

Profil Lengkap Mayjen Maruli Simanjuntak yang Jadi Pangkostrad

Kabar terbaru terkait Jenderal Andika Perkasa menunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Pangkostrad.

Berikut adalah profil lengkap dari Mayjen Maruli Simanjuntak, menantu dari Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Dikabarkan bahwa pria berumur 50 tahun itu memiliki nama Maruli Simanjuntak. Ia lahir di Bandung pada 27 Februari 1970. Ia adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1992.

Awal karirnya bertugas di infanteri (Kopassus), yang kemudian menjadi Komandan Datasemen Tempur Cakra pada 2002.

Maruli Simanjutak memiliki pengalaman sebagai Infanteri Kosassus. Dia pernah menjadi Komandan Grup A Paspampres pada tahun 2014-2016. Selanjutnya Komandan Korem 074/Warastratama tahun 2016-2017.

Dia kembali dibawa ke Istana, dan menjabat sebagai Wakil Komandan Pasukan Pengamanan presiden (wadanpaspampres) pada tahun 2017-2018.

Selanjutnya digeser menjadi Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro tahun 2018.

Mayjen Maruli kemudian ditarik kembali ke istana, dan menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) pada tahun 2018 hingga 2020. Sebelum akhirnya diangkat menjadi Pangdam IX/Udayana.

Maruli Simanjutak diketahui memiliki total harta kekayaan mencapai RP51,6 miliar seperti dilaporkan pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaran negara (LHKPN. Hal ini berdasarkan laman elhkpn.kpk pada 18 November 2021.

Mayjen Maruli sendiri dikenal memiliki keahlian dalam bidang olahraga asal jepang, Judo. Bahkan, ia sendiri merupakan atlet Judo.

Berkat keterampilan dan kehebatannya dalam Judo, ia didapuk menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI).

Dari judo juga membuatnya bertemu dengan isterinya, Paulina. Sekitar tahun 1995 Paulina menjadi Liaison officer (LO) di Sea Games, sementara Maruli sebagai atlet judo.

Dari pertemuannya, Maruli dan Paulina pun menjalin tali asmara dan memutuskan untuk mempersunting anak dari Luhut Binsar Pandjaitan yaitu, Paulina Pandjaitan.

Dari pernikahannya, mereka dikaruniai dua orang anak perempuan bernama Faye Simanjuntak dan satu orang anak laki-laki.