Heboh! Terbongkar Penilaian Mahathir Atas Keturunan Tionghoa yang Makan dengan Sumpit

Iklan

terkini

Heboh! Terbongkar Penilaian Mahathir Atas Keturunan Tionghoa yang Makan dengan Sumpit

, Wednesday, December 15, 2021 WIB Last Updated 2021-12-15T02:35:43Z

Kabar terbaru datang dari pernyataan mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad tentang masyarakat keturunan Tionghoa yang masih menggunakan sumpit untuk makan menunjukkan belum berbaur dengan masyarakat Malaysia lainnya, memicu kontroversi.

“Mereka belum mengadopsi cara makan orang Malaysia. Mereka mempertahankan sumpit, yang merupakan identitas dari Cina, bukan Malaysia, dan banyak hal lainnya,” katanya keli meluncurkan memoar Menangkap Harapan: Perjuangan Berlanjut Untuk Malaysia Baru, Minggu, 12 Desember 2021, seperti dikutip Star.

Dikabarkan bahwa pernyataan itu dinilai Sekretaris Jenderal Partai Aksi Demokrat, Lim Guan Eng, sebagai “sederhana dan ofensif”. Dia mengatakan bahwa perkakas itu juga merupakan bagian integral dari budaya lain.

“Ini tidak hanya sederhana tetapi juga menyinggung komunitas Tionghoa di sini. Tun (Mahathir) harus diingatkan bahwa tidak hanya Cina atau Taiwan tetapi negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan dan Vietnam juga menggunakan sumpit,” katanya seperti dikutip CNA, Senin, 13 Desember 2021.

Ia juga mengatakan bahwa mantan perdana menteri seharusnya lebih fokus pada integrasi.

"Tun salah untuk fokus pada asimilasi daripada integrasi dan menggunakan sumpit daripada mengadopsi cara makan Malaysia dengan tangan adalah salah satu alasan yang menyebabkan pemisahan di antara orang-orang," kata Lim, yang menjabat sebagai menteri keuangan di Kabinet Dr Mahathir selama pemerintahan Pakatan Harapan dari 2018 hingga 2020.

Pernyataan Mahathir ini juga memancing komentar mantan PM Najib Razak. Ia mengolok-olok Mahathir dengan menyebutnya sebagai "pakar" dalam menggunakan sumpit.

Najib Razak mengunggah montase foto Mahathir menggunakan sumpit, tampaknya untuk melemparkan "yee sang" di acara Tahun Baru Imlek, dan menuliskan komentar di bawahnya "Pakar keterampilan". Foto-foto itu tidak diberi tanggal, demikian dikutip dari Free Malaysia Today. (Sumber : Tempo).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Heboh! Terbongkar Penilaian Mahathir Atas Keturunan Tionghoa yang Makan dengan Sumpit

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x