Skip to main content

Trending Topic

Hercules Sambangi Gedung PBNU, Terungkap Alasannya

Presiden Jokowi Bicara Pakai Bahasa Inggris di Hadapan Presiden AS

Kabar terbaru berkaitan dengan momen menarik ketika Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Jokowi nampak berbicara menggunakan bahasa Inggris kepada Biden.

Dikabarkan bahwa pertemuan bilateral keduanya digelar di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021).

Dari tayangan YouTube Kompas TV, nampak Jokowi duduk bersebelahan dengan Biden di depan sebuah meja besar.

Meski duduk berdekatan, keduanya terlihat menjaga jarak dan memakai masker. 

Baik Jokowi maupun Biden masing.-masing didampingi oleh seorang interpreter.

Pembicaraan keduanya diawali dengan ucapan selamat Jokowi kepada Biden atas kemenangannya di Pilpres AS 2020.

Jokowi juga menyampaikan rasa senangnya dapat kembali bertemu dengan Biden.

“Presiden Biden, it is an honor for me to meet you again. Congratulation once again on your excellencies inauguration as a president (Presiden Biden, suatu kehormatan bagi saya untuk bertemu dengan Anda lagi. Selamat sekali lagi atas pelantikan Yang Mulia sebagai presiden),” kata Jokowi.

Ucapan Jokowi itu disambut Biden dengan gembira. Presiden AS masa jabatan 2021-2024 tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih ke Jokowi.

Thank you,” kata Biden senang.

Jokowi pun ikut tertawa merespons Biden.

Presiden lantas menyampaikan keyakinannya bahwa Indonesia-AS mampu memperkuat kerja sama dalam berbagai bidang, baik perubahan iklim, energi hijau, Covid-19, maupun demokrasi.

“I believe under your excellencies leadership we can further strengthen our cooperation (Saya percaya di bawah kepemimpinan Yang Mulia kita bisa lebih memperkuat kerja sama kita lebih lanjut),” ujar Jokowi sambil sesekali melihat catatan di kertas yang ia genggam.

Berkat kerja sama RI dengan AS selama pandemi, lanjut Jokowi, Indonesia berhasil menerima 13,4 juta dosis vaksin Covid-19, 1.000 unit ventilator, obat terapeutik, dan peralatan medis lainnya.

“Allow me to convey high appreciation for our cooperation during the pandemic through the dose sharing mechanism (Izinkan saya untuk menyampaikan penghargaan atas kerja sama kita selama pandemi melalui mekanisme bagi dosis vaksin,” kata Jokowi.

“Once again thank you (Sekali lagi terima kasih),” tuturnya. (Source : Kompas)


Comments