Skip to main content

Trending Topic

Terbaru! 4 Warga Jakarta Terpapar Omicron Usai ...

Mantan Presiden RI SBY idap kanker prostat, hati-hati 5 gejalanya sering tidak disadari pria, Wajib Diketahui

Kabar terkait mantan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosis mengidap kanker prostat. Hal tersebut dikonfirmasi oleh staf pribadi SBY, Ossy Dermawan. 

“Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer),” kata Ossy dalam keterangannya, dikutip Selasa 2 November 2021.

Gejala kanker prostat stadium awal seperti yang dialami oleh SBY seringkali tidak disadari. Pasalnya pada stadium awal, tidak tampak gejala apa pun.

Tapi ada beberapa hal yang patut diwaspadai sebagai gejala kanker prostat sebagai berikut.

Sering buang air kecil

Sel kanker yang menekan uretra bisa membuat penderita lebih sering buang air kecil dalam waktu 24 jam. Hal ini juga terjadi di malam hari yang disebut dengan nokturia, dikutip dari hellosehat.

Sulit buang air kecil

Sebaliknya, sulit buang air kecil juga bisa menjadi gejala kanker prostat. Hal ini biasanya ditandai dengan kesulitan memulai atau menghentikan aliran urin, tidak mampu untuk buang air kecil, aliran urin yang lemah atau berkurang, aliran urin yang putus-putus atau terganggu, serta membutuhkan waktu yang lama saat buang air kecil.

Nyeri saat buang air kecil

Rasa nyeri akan terasa membakar atau menyakitkan jika penderita sedang buang air kecil. Hal ini biasanya menyusul setelah kesulitan buang air kecil.

Masalah ereksi

Gejala selanjutnya adalah kesulitan untuk ereksi atau mempertahankannya. Selain itu, kurangnya hasrat untuk berhubungan seksual. Selain itu, penderita mungkin merasakan sakit saat ejakulasi atau adanya penurunan jumlah cairan ejakulasi.




Dilansir dari laman HopsID

Foto : Hasil Tangkapan Layar

Comments