Skip to main content

Trending Topic

Heboh! JK Bicara Terkait Anies Baswedan Maju Pilpres 2024: Nanti..........

Aturan Baru PPKM Terkait Tarif Paling Tinggi PCR

Kabar terbaru berkaitan dengan  peraturan teraru, bagi pengguna moda transportasi udara atau pesawat pengguna pesawat wajib menyertakan hasil tes PCR negatif.

Dikabarkan bahwa juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menjelaskan aturan ini pewajiban ini karena pesawat sudah diperbolehkan berkapasitas penuh atau 100 persen.

Dengan aturan tersebut sejmulah pengetatan syarat perjalanan diperlukan salah satunya kewajiban melampirkan hasil PCR negatif.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam keterangannya, Senin (11/10/2021) kemarin mengatakan harga tes PCR masih sama.

Mengacu pada Surat Edaran Dirjen Pelayanan Kesehatan No. HK.02.02/I/2824/2021, besaran tarif tertinggi telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sejak 17 Agustus 2021 silam.

"Kemarin sudah ada SE-nya ya, masih tetap berlaku yang itu," ujarnya diberitakan Kompas.com, Senin (11/10) silam.

Berikut batas tertinggi aturan RT-PCR termasuk pengambilan swab sesuai aturan yang beredar.

  • Pemeriksaan RT-PCR di Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 495.000 (empat ratus sembilan puluh lima ribu rupiah).
  • Pemeriksaan RT-PCR di luar Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 525.000 (lima ratus dua puluh ribu rupiah).

Batas tarif tertinggi itu berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri atau mandiri.

Nadia menegaskan jika seseorang mendapatkan biaya tarif PCR yang melampaui dari tarif tertinggi yang sudah ditetapkan pemerintah, masyarakat bisa melaporkannya melalui e-mal pengaduan Kemenkes dan Dinas Kesehatan setempat. (DO/Kompas)


Comments