Skip to main content

Trending Topic

Hercules Sambangi Gedung PBNU, Terungkap Alasannya

CUKUP DENGAN KTP SAJA ? Terungkap Aturan Terbaru Naik Pesawat dan Kereta Api Oktober 2021

Kasus Covid 19 yang belum juga tuntas masih terus menjadi perhatian masyarakat dunia khususnya bagi masyarakat yang ingin bepergian baik melalui pesawat udara maupun kereta api. 

Selain itu banyak juga masyarakat yang mengeluhkan berkaitan dengan aturan terkait persyaratan masuk mall. 

Meskipun proses tersebut masih terus menjadi sorotan publik namun ada beberapa kabar baik buat seluruh masyarakat terkait penerbangan dan beberapa hal lainnya. 

Sebagaimana dirangkum dari BeritaDIY,  aturan terbaru bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan denga kereta api dan pesawat yang akan diberlakukan mulai Oktober 2021.

Kabar baik bagi para masyarakat yang akan melakukan perjalanan antar kota dengan menggunakan mpda transportasi kereta api dan pesawat, pasalnya terdapat aturan terbaru yang akan berlaku mulai bulan Oktober 2021.

Dengan aturan terbaru ini merupakan terobosan terbaru yang dapat memudahkan para masyarakat pengguna kereta api dan pesawat yang akan melakukan perjalanan.

Upaya pemberlakuan aturan terbaru ini diresmikan oleh Kemenkes sebagai upaya penanggulangan penyebaran Covid-19, namun disebutkan bagi masyarakat yang tak memiliki ponsel pintar untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi tak perlu khawatir.

Sebab Kemenkes menyatakan para masyarakat yang menggunakan kereta api ataupun pesawat hanya perlu menyiapkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang terdapat pada KTP.

Namun demikian masyarakat tetaplah harus telah melakukan program vaksinasi minimal dosis 1. Jika pun belum melakukan hal tersebut, maka juga dapat melakukan tes RT-PCR 2x24 jam atau Swab Antigen 1x24 jam.

Lebih lanjut nantinya dengan memberikan atau menunjukkan nomor NIK pada KTP kepada petugas yang berjaga, maka petugas dapat melakukan pelacakan terhadap data kesehatan yang dimiliki oleh calon penumpang.

Sehingga akan muncul data mengenai proses vaksinasi yang telah dilakukan oleh calon penumpang maupun hasil tes yang telah dilakukan sebelum menaiki kereta api maupun pesawat.

Dengan melakuka pengecekan tersebut maka petugas dapat memutuskan apakah calon penumpang berhak untuk selanjutnya melakukan perjalanan ataupun tidak.

Selain petugas melakukan pengecekan, Kemenkes juga menghimbau masyarakat untuk memaksimalkan penggunaan PeduliLindungi dengan berbagai fitur yang tersedia salah satunya adalah Self Check.

Dengan adanya fitur Self Check pada aplikasi PeduliLindungi tersebut masyarakat dapat melakukan pengecekan secara mandiri terhadap data kesehatan yang sebelumnya telah dimiliki berdasar pada data vaksinasi dan tes.

Hal itu dapat dilakukan guna mencegah jika nantinya para calon penumpang yang akan menggunakan moda kereta api dan pesawat jika tidak memenuhi persyaratan mengenai kesehatannya.

Lebih lanjut, selain telah memiliki data kesehatan yang berbasis pada NIK KTP milik masyarakat, aplikasi PeduliLindungi juga telah mengembangkan proses integrasi dengan berbagai aplikasi.

Berbagai aplikasi yang dilakukan untuk berintegrasi dengan PeduliLindungi ini seperti Cinema XXI, Link Aja, Traveloka, Tiket, Dana, Gojek, Grab, dan Tokopedia guna mempermudah masyarakat dalam kegiatan sehari-hari.


Comments