Skip to main content

Trending Topic

Terbaru! Gunung Semeru Erupsi, Warga Panik

BAKAR MASJID, AKHIRNYA TERUNGKAP FAKTA BARU TENTANG KEJIWAAN PELAKU

Kabar terbaru berkaitan dengan  kasus pembakaran mimbar dalam Masjid Raya Makassar. 

Banyak yang berspekulasi kalau pelakunya tak jauh dari orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) seperti dalam kasus-kasus yang mengganggu umat Islam sebelumnya.

Entah bagaimana muncul spekulasi seperti itu, namun yang jelas dugaan yang banyak disampaikan netizen tersebut keliru. Pelakunya ternyata orang patah hati.

Hal tersebut disampaikan oleh pihak kepolisian, usai pelaku pembakar mimbar masjid, berinsial KB (27) tahun, diamankan petugas di jalan Tinumbu.

Polisi telah menetapkannya sebagai tersangka karena sengaja membakar Mimbar Masjid Raya pada Sabtu (25/9) dini hari sekitar pukul 01.17 WITA dengan motif sakit hati kepada pengurus masjid, sebab setiap datang beristirahat atau tidur di masjid itu, selalu dilarang oleh pengurus dan pengamanan masjid setempat.

Merespons itu, dai kondang yang kerap memancing tawa, ustaz Das'ad Latif mengaku kalau ada hikmah di dalam kasus ini. Sehingga menjadi koreksi buat pengurus masjid untuk sensitif.

"Memang ada kadang kala pengurus masjid, orang istirahat disuruh pergi. Padahal, bisa jadi orang tersebut tidak ada tempat istirahat, cari ketenangan jiwa. Itu koreksi bagi kita semua," ujarnya.

Soal pelaku apakah mengidap gangguan jiwa atau tidak, Das'ad menyatakan, tidak boleh mengambil keputusan sendiri tanpa menyerahkan kepada ahlinya seperti dokter.

Sebagaimana kabar yang beredar bahwa Mimbar Masjid Raya Makassar yang terletak di area Kecamatan Bontoala, Makassar dibakar oleh orang tak dikenal (OTK), pada Sabtu 25 September 2021, sekitar pukul 01.00 Wita dini hari.

Sebagaimana dirangkum dari kumparan, Polisi akhirnya menangkap pelaku yang membakar mimbar Masjid Raya Makassar, Sulsel. 

Pelaku ditangkap di depan sebuah rumah di Jalan Tinumbu, Makassar, pada Sabtu (25/9) siang. Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan, membenarkan penangkapan pria yang membakar masjid itu. Kendati demikian, Zulpan masih enggan berkomentar banyak.

"Benar, pelaku sudah ditangkap. Nanti akan kami jelaskan lebih lanjut saat jumpa pers," singkatnya kepada kumparan, Sabtu (25/9). (DO/ERA)

Comments