Skip to main content

Trending Topic

Terbaru! Gunung Semeru Erupsi, Warga Panik

Perekrutan PNS Tanpa Tes Itu tidak Mungkin, Ini Penjelasan yang Harus Honorer Tahu

Penerimaan calon pegawai negeri sipil sebentar lagi dibuka. Menjelang pendaftaran CPNS tersebut MenPAN-RB menyampaikan pernyataan tegas terhadap seluruh honorer yang akan mengikuti proses CPNS dan PPPK.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah sudah berbuat banyak terhadap honorer.

Pemerintah, tegas Tjahjo, tidak pernah mengabaikan honorer dan melupakan pengabdian mereka.

Namun, pemerintah tidak mungkin mengangkat semua honorer menjadi aparatur sipil negara (ASN) baik CPNS maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Apalagi sampai pengangkatannya tanpa tes.

"Pemerintah sudah banyak berbuat untuk honorer. Tidak benar kalau dibilang pemerntah menyia-nyiakan honorer," kata Menteri Tjahjo dalam pesannya kepada JPNN.com, baru-baru ini.

Kalau kemudian ada desakan agar pemerintah mengangkat honorer menjadi CPNS maupun PPPK tanpa tes, kata Tjahjo, itu sangat tidak mungkin.

Mengingat pemerintah saat ini tengah melakukan reformasi birokrasi.

"Jumlah PNS mau dirampingkan dengan cara memperbanyak rekrutmen PPPK. Jadi tidak mungkin itu perekrutan PNS tanpa tes," tegasnya.

Mantan Menteri Dalam Negeri ini kembali menegaskan tidak mungkin seluruh honorer diangkat sekaligus dan tidak mungkin semuanya.

Ada mekanisme yang harus dilalui dan rujukannya ada peraturan perundang-undangan.

Dia menyebutkan salah satu langkah riil yang dilakukan pemerintah dalam menghargai pengabdian honorer adalah rekrutmen satu juta guru PPPK.

Dalam rekrutmen itu seluruh guru honorer K2, nonkategori, dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) bisa ikut berkompetisi.

Kemendikbud bahkan sudah memberikan fasilitas bimbingan belajar daring untuk guru honorer menyiapkan diri agar siap menghadapi tes PPPK pada Agustus mendatang.

Selain itu guru honorer diberikan kesempatan tiga kali ikut tes PPPK.

"Saya rasa pemerintahan Pak Jokowi sudah sangat berpihak kepada honorer. Jangan ada yang berpikir pemerintah tidak adil," tandas Tjahjo Kumolo. 

Sumber : JPNN 

Foto : BKD Karimun

Comments

  1. PNS tidak mungkin, alasannya karena Undang-undang. Undang-undangnya ini yang harus disesuaikan. Jika guru sudah mengabdi selama 10 tahun, itulah tesnya, dia sudah bisa bertahan selama 10 tahun, itu tes - nya. Apanya yang tidak mungkin? Jangan membodohi masyarakat dengan omongan yang ngeles gini. Ini petinggi-petinggi negara tidak pernah jadi guru sekolahan, makanya tidak mengerti, tidak mau dengerin pendapat dari guru-guru yang terhimpun di PGRI. Dengarkan lebih seksama lagi wahai petinggi negeri. Apa dibilang sudah melakukan banyak????!!! Ya, kurang banyak lah.

    ReplyDelete
  2. Thanks for the wonderful post, It's goes a long way to help improve much in terms of projects i have in the coming months.

    So, what exactly does an IT firm do? IT offers consulting, computer support, resolving current issues, and social media outreach

    ReplyDelete

Post a Comment

Berilah komentar yang mendukung dan santun