Langsung ke konten utama

Trending Topic

Tokoh Agama Ditikam Anaknya Sendiri, Apa Yang Terjadi?

Pemindahan Ibu Kota Negara, Anies Baswedan Angkat Bicara

Kabar terbaru masih berkaitan dengan Pemindahan Ibukota Kota Negara Republik Indonesia yang sejak awal di Jakarta namun akan dipindahkan ke Kalimantan.

Sebagaimana diketahui bahwa Presiden Joko Widodo telah secara resmi mengumumkan lokasi yang rencananya menjadi ibu kota baru Indonesia.

Pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibu kota dari DKI Jakarta ke sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur.

Jokowi menyatakan, beban di Jakarta dan pulau Jawa sudah terlalu berat. Dengan demikian, ia memutuskan ibu kota baru harus di luar pulau Jawa.

Berdasarkan hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyoroti soal pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan sebagaimana yang sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat.

Namun dilansir dari pikiranrakyat, Anies Baswedan menyampaikan, pemidahan ibu kota ini bukan berarti memindahkan sejumlah masalah dari Jakarta ke Kalimantan, termasuk di antaranya mengenai isu lingkungan dan polusi udara yang terjadi sekarang.

Yang perlu dipahami kata dia mengenai rencana tersebut bahwa ini adalah tentang pemindahan status ibu kotanya. Dan ke depannya Jakarta kata dia, tetap akan menghadapi sejumlah masalah di bidang lingkungan.

"Jadi kalaupun ibu kota dipindahkan ke Kalimantan, itu tidak akan memindahkan masalah," kata Anies Baswedan dalam diskusi virtual bertemakan 'climate heroes' bersama Dino Patti Djalal, Kamis, 30 September 2021 malam.

Tidak lagi menjadi daerah khusus ibukota, Anies Baswedan meyakini ke depan, Jakarta akan tetap menjadi sebuah kota yang terus bertransformasi. Terlebih, para generasi mudanya yang saat ini terus peduli terhadap isu-isu lingkungan di daerahnya.

Ke depan, Jakarta juga akan terus berkembang menjadi kota yang semakin hijau dengan menggerakkan sektor swasta menuju arah yang sama yakni menuju kota yang lebih hijau.


Komentar