Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Khusus Isolasi Mandiri, Ada Obat Covid-19 Gratis, Terbongkar Caranya

Kabar terbaru datang dari menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin menempuh langkah terobosan dengan lonjakan kasus Covid-19. 

Dikabarkan bahwa Menkes melibatkan 11 jasa telemedicine swasta untuk melayani secara gratis pasien isolasi mandiri (isoman) dengan gejala Covid-19 ringan.

“Kami gandeng 11 aplikasi telemedicine. Ini untuk mengurangi beban di rumah sakit,” katanya dalam konferensi virtual, Senin (5/7).

Dengan ini maka rumah sakit hanya akan diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan. Sedangkan yang bergejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri dengan tetap mendapatkan akses obat-obatan secara gratis dari pemerintah.

“Jadi, rumah sakit hanya untuk yang membutuhkan. Yang lain cukup isolasi mandiri,” katanya.

Melalui layanan tersebut masyarakat yang membutuhkan konsultasi dokter bisa memperoleh panduan yang benar seputar konsumsi obat atau vitamin maupun aktivitas selama masa pemulihan kesehatan di rumah.

Menteri Kesehatan mengemukakan sejumlah kriteria bagi pasien bergejala ringan yang disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Lihat saturasi oksigennya apakah masih 95 ke atas dan tidak sesak serta komorbid, lebih baik isolasi mandiri di rumah,” katanya.

Dari 11 platform telemedicine yang masuk dalam layanan konsultasi kesehatan virtual bagi pasien Covid-19, empat di antaranya yakni Alodokter, Getwell, Good Doctor dan Halodoc.

Mereka yang setelah melakukan konsultasi dengan aplikasi telemedicine itu dan menjalani isolasi mandiri akan langsung mendapatkan obat gratis sesuai gejala yang dialaminya.

“Semua ini diberikan secara gratis sebagai konstribusi dari 11 platform telemedicine dan obat-obatannya dilakukan Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Budi menambahkan, melalui layanan telemedicine, pemerintah ingin hadir membantu dan memudahkan masyarakat mendapat layanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Ini agar rakyat kita bisa tenang, bisa mengakses ke layanan kesehatan, bisa tetap mendapatkan obat dan semoga rakyat bisa sehat dan bisa mengatasi pandemi ini dengan segera,” katanya.

Source : Indonesia inside


Komentar