Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

HEBOH❗ASI Dapat Obati Covid-19, Terbongkar Faktanya

Kabar mengejutkan datang dari ilmuwan China dan dipublikasikan di situs kesehatan biorxiv.org, pada Jumat (25/9/2020), menyebutkan bahwa Air susu Ibu (ASI) bisa mencegah dan mengobati Covid-19. 

Dikabarkan bahwa manfaat asi ini kembali diramaikan media massa dan medsos dalam beberapa waktu terakhir.

Riset tersebut dipimpin oleh Profesor Tong Yigang dari Beijing University of Chemical Technology. 

Studi ini mengumpulkan ASI sejak tahun 2017, jauh sebelum terjadinya pandemi, dan dicobakan pada jenis sel bervariasi dari sel ginjal hewan hingga sel paru-paru dan usus anak muda.

Hasilnya pun sama, dan sebagian besar strain virus yang hidup terbunuh oleh ASI. Diungkapkan bahwa 

"ASI mampu memblokir bahkan replikasi virus setelah masuk," tulis penelitian tersebut seperti dikutip dari South China Morning Post, Senin (28/9/2020).

Hasil penelitian ini bertentangan anggapan sebelumnya bahwa menyusui dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19. Menurut laporan media China, bayi baru lahir di Wuhan dipisahkan dari ibu yang positif Covid-19 dan diberi makan dengan susu formula sejak Februari 2020.

Namun penelitian ini mendukung studi World Health Organization [WHO] yang meminta ibu meneruskan memberikan ASI meski mereka positif Covid-19. Di mana dalam penelitian itu melibatkan 46 ibu menyusui terinfeksi Covid-19 tetapi anaknya tidak terinfeksi dari meyusui. (Industry)

Foto : Ilustrasi

Komentar