Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Corona Varian Delta Tidak Bisa Dikendalikan, Luhut Ungkap Penyebabnya

Kabar terbaru datang dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengakui virus corona varian delta sulit dikendalikan.

Hal tersebut disampaikan Luhut dalam konferensi pers secara virtual melalui YouTube resmi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI pada Kamis (15/7/2021).

"Saya mohon supaya kita paham, varian Delta ini varian yang tidak bisa dikendalikan," kata Luhut pada Kamis.

Luhut menjelaskan, varian delta sudah mendominasi Pulau Jawa. Varian ini, kata dia, penularannya lebih dahsyat dibandingkan sebelumnya, yakni varian Alpha.

Varian delta, menurut Luhut, bukan hanya menyerang Indonesia. Tapi juga negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Bahkan juga negara-negara Eropa seperti Inggris, Belanda, dan Rusia. Termasuk juga di Amerika Serikat.

"Tidak hanya Indonesia saja yang kena, itu Inggris kena, Belanda kena. Perdana Menteri Belanda minta maaf karena dia menyetujuinya lepas masker pada beberapa waktu yang lalu, dan sekarang naik eksponensial," ucap Luhut.

"Malaysia juga, Rusia, Indonesia, Thailand dan seterusnya. Amerika sendiri sekarang juga terjadi kenaikan luar biasa."

Luhut menuturkan, tingkat penularan varian Delta jauh lebih tinggi dibandingkan varian sebelumnya. Menurut sebuah studi yang dibaca Luhut, varian Delta 6 kali lebih menular dari varian Alpha.

"Varian Delta ini, menurut yang saya baca, itu lebih hampir atau sekitar 6 kali lebih cepat dari varian alpha," ucap Luhut.

"Ini dari studi yang saya tahu 5 kali atau 6 kali (lebih menular), tergantung siapa yang meneliti, tapi yang jelas jauh lebih dahsyat dari varian Alpha."

Sumber : Kompas

Foto : Menko Marvel Luhut Binsar Panjaitan/ Hasil tangkapan layar

Komentar