Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Belum Punya Sertifikat Vaksin, Tetap Bisa Terbang? Terbongkar Fakta Terbaru

Kabar mengejutkan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  Darurat, penumpang pesawat terbang wajib membawa sertifikat vaksin Covid-19.

Di samping juga diwajibkan membawa hasil negatif Covid-19 dari Swab PCR yang berlaku selama 2x24 jam

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin menjelaskan, ada beberapa tipe penumpang yang diberik kompensasi tidak diwajibkan membawa sertifikat vaksin Covid-19.

"Ada pengecualian seandainya yang bersangkutan ada kendala, misal ada penyakit bawaan, ada hal-hal yang belum bisa divaksin. Mereka bisa menunjukkan surat keterangan dokter yang menyatakan belum bisa divaksin karena alasan tertentu," jelas Awaluddin, Jumat (9/7/2021).

Yang pasti, keterangan negatif Covid-19 dengan swab PCR menjadi syarat mutlak untuk semua penumpang pesawat terbang.

"Selama dia memenuhi kriteria berikutnya yaitu membawa tes PCR yang menunjukkan hasil negatif paling lama diterbitkan 2x24 jam ke belakang," sambung Awaluddin.

Sentra layanan vaksinasi Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta akhirnya dibuka selama 24 jam sejak Rabu (7/7/2021).

Sebagai informasi, Sentra Vaksinasi Terminal 2 dibuka pukul 08.00 - 17.00 WIB dan 22.00 - 03.00 WIB.

Sementara, Sentra Vaksinasi Terminal 3 dibuka pukul 08.00 - 17.00 WIB dan 20.00 - 01.00 WIB.

Sebelumnya, kedua sentra vaksinasi tersebut hanya beroperasi pada pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Hal itu sempat membuat calon penumpang pesawat harus menunggu lama untuk melakukan vaksinasi jika harus melakukan perjalanan mendesak misalnya pada dini hari.

"Mendukung untuk menyediakan vaksinasi yang dapat memenuhi kebutuhan calon penumpang untuk melakukan perjalanan mendesak di setiap jadwal penerbangan yang ada selama 24 jam di Bandara Soekarno-Hatta setiap harinya," terang Awaluddin.

Pemegang tiket maskapai apa pun dapat melakukan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Terminaal 2 atau Terminal 3.

Muhammad Awaluddin menambahkan, tujuan utama diperpanjangnya waktu operasional Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta adalah supaya memastikan penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan.

"Sehingga sektor penerbangan dapat tetap mendukung perjalanan mendesak yang dilakukan masyarakat di tengah PPKM Darurat Jawa-Bali," jelas Awaluddin. (Source: Tribun Jakarta)


Komentar