Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Wow! 10 Menteri yang Berpeluang Jadi Presiden, Bukan Prabowo, Ini Mereka

Pemilihan presiden Republik Indonesia tahun 2024 masih berapa tahun lagi namun isu tentang calon presiden dan sosok yang dianggap layak menjadi Presiden Republik Indonesia pada tahun 2024 sudah menjadi sorotan publik dan viral di media sosial. 

Yang menarik adalah kali ini disebutkan bahwa ada 10 menteri presiden republik Indonesia Joko Widodo yang dianggap layak menjadi calon Presiden Republik Indonesia dan di antara 10 orang tersebut tidak disebutkan nama Prabowo. 

Sebagaimana dilansir Pos Kupang, dua sosok yang paling layak maju ke arena Pilpres 2024 itu, diungkapkan oleh Arus Survei Indonesia (ASI) saat mengumumkan hasil survei Capres - Cawapres Potensial 2024.

Ada pun nama menteri yang dinilai layak untuk maju pasca Presiden Jokowi nanti, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Kedua sosok ini, disebut-sebut sebagai figur paling populer dan berpeluang menjadi capres pada Pemilu Presiden RI 2024 mendatang.

Dalam urutan dua besar, nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menempati posisi pertama dengan prosentase 13,5%.

Diurutan kedua ada nama Menteri BUMN Erick Thohir dengan prosentase 11,9%.

Sedangkan nama Menteri Pendidikan dan Ristek Nadiem Makarim diposisi ketiga dengan prosentase 10,9%. Dan pada posisi keempat ada nama Menteri Sosial Tri Rismaharani dengan prosentase 10,3%.

Sedangkan kandidat lainnya dari Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Moh. Mahfud MD (9,2%), Menteri Keuangan Sri Mulyani (6,8%) dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (6,0%).

Selain itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (4,7%), Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, A. Halim Iskandar (4,7%) dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate (3,4%).

Namun perlu diketahui masih ada 18,6% responden yang belum menjawab atau belum menentukan pilihannya.

Survei Parameter Politik

Sebelumnya, Lembaga Survei Nasional Parameter Politik Indonesia juga melakukan survei terkait lima tokoh nasional yang akan menjadi kandidat calon presiden (Capres) pada Pilpres 2024, mendatang.

Survei yang dilakukan pada 23-28 Mei 2021 diikuti 1.200 responden ini pun menanyakan kepada responden terkait lima tokoh.

"Elektabilitas capres 5 nama terbesar apabila pemilihan presiden dilaksanakan saat ini dan Presiden Joko Widodo tidak boleh mencalonkan diri lagi, maka ada 5 nama tokoh utama yang paling berpeluang?," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam hasil survei terkait peta politik menuju 2024 dan isu politik mutakhir secara virtual, Sabtu 5 Juni 2021.

Adi pun mengatakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi tokoh paling populer saat ini dengan angka 22,3 persen. Lalu, diposisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 19,7 persen.

Ketiga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 18,1 persen. Keempat, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 10,1 persen. Dan kemudian di posisi lima ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno dengan angka 7,5 persen.

Komentar