Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Terbongkar❗ Jualan Foto Selfie Sedang Memegang KTP, Kominfo Lakukan Hal Mengejutkan Ini

Kabar terbaru terkait dugaan penjualan  Penjualan Foto Selfie Sedang Memegang KTP menjadi sorotan publik dan viral di media sosial. 

Banyak pihak yang menyampaikan bahwa hal tersebut meresahkan masyarakat dan membuat masyarakat khawatir jika data-data mereka dapat dimanfaatkan untuk oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Berdasarkan hal tersebut, kominfo langsung bertindak dan melakukan penelusuran terhadap berita yang sedang meresahkan masyarakat itu. 

"Kominfo saat ini sedang melakukan penelusuran lebih lanjut terkait informasi mengenai dugaan penjualan foto selfie KTP secara tidak sah yang beredar di platform media sosial," terang Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi.

Sebagaimana dilansir dari Galamedianews disampaikan bahwa Kominfo akan segera mengambil langkah tegas setelah berkoordinasi lebih lanjut, baik secara internal maupun dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya.

Informasi kumpulan swafoto orang-orang yang sedang memegang foto KTP beredar di dunia maya, salah satunya platform Twitter.

Selama ini, swafoto sambil memegang KTP merupakan salah satu metode verifikasi yang sering dilakukan ketika mendaftar layanan yang berhubungan dengan finansial.

Foto-foto tersebut diduga diperjualbelikan di dunia maya.

Kominfo menegaskan kepada seluruh penyelenggara sistem elektronik (PSE) wajib mematuhi semua ketentuan yang berlaku di undang-undang, termasuk mengenai pengamanan sistem elektronik dan perlindungan data pribadi.

Unggahan terkait jual beli foto selfie dan KTP.

"Segala bentuk pelanggaran terhadap ketentuan yang berlaku akan diproses sesuai hukum yang berlaku," kata Dedy, dikutip dari Antara, Minggu, 27 Juni 2021.

Masyarakat diminta semakin berhati-hati dalam menjaga data pribadi, salah satunya dengan tidak memberikan dan menyebarkan data kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Foto : Tangkapan Layar

Komentar

  1. Shopee jualan online juga melakukan hal itu untuk nasabagnya,

    BalasHapus

Posting Komentar

Berilah komentar yang mendukung dan santun