Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Putrinya Tewas, Menteri Ini Selamat dari Percobaan Pembunuhan, Begini yang Terjadi

Kabar mengejutkan datang dari sekelompok orang menyerang mobil yang ditumpangi oleh Menteri Pekerjaan dan Transportasi Uganda, Jenderal Katumba Wamala dan anak perempuannya di wilayah Kampala, Kiasasi, Uganda. Akibat penyerangan ini, Jenderal Katumba selamat, tapi nahas, anak perempuan dan sopirnya tewas.

"Ada penembakan yang melibatkan dia [Katumba]... dia terluka dan dibawa ke rumah sakit, sopirnya tewas," kata Juru Bicara Militer Uganda, Brigadir Flavia Byekwaso dikutip dari Aljazeera, Selasa (1/6/21).

Dikabarkan bahwa gambar yang beredar di media sosial menunjukkan posisi Katumba yang berada dalam kesulitan di luar mobil jenis SUV, celana berwarna terangnya berlumuran darah.

Foto di media sosial juga menunjukkan lubang peluru di jendela mobil dan selongsong peluru yang jatuh di tanah.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, ada beberapa pembunuhan dan kematian misterius yang dialami pejabat tinggi di negara Afrika timur itu. Hal ini memicu spekulasi tentang pelaku dan motivasi mereka di balik aksi penyerangan ini.

Korban penyerangan ini tak hanya melibatkan anggota parlemen, perwira polisi senior, tapi juga jaksa penuntut umum, pemimpin Muslim senior dan lainnya.

Aljazeera mencatat, upaya pembunuhan seperti ini sudah pernah pada tahun 2017. Orang-orang bersenjata dengan sepeda motor menembakkan peluru ke kendaraan yang membawa seorang perwira polisi senior.

Juru Bicara Kepolisian, Felix Kaweesa, tewas bersama pengawal dan sopirnya saat itu.

Sebagai informasi, Republik Uganda adalah negara di Afrika Timur. Negara ini mendapat julukan "Mutiara Afrika" oleh Perdana Menteri Britania Raya era Perang Dunia Kedua, Winston Churchill. Negeri ini berbatasan dengan Kenya di sebelah timur, Sudan di utara, Republik Demokratik Kongo di barat, Rwanda di barat daya, dan Tanzania serta Danau Victoria di selatan. ( Sumber: CNBC)


Komentar