Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Banyak Negara Hancur karena Memaksakan Diri Berdasarkan Satu Agama, Ini Alasan Tegas Ridwan Kamil

Kabar terbaru datang dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang mengatakan bahwa banyak negara hancur karena memaksakan diri dalam satu agama atau juga dalam satu etnis. 

Menurutnya melalui penghayatan sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia sangat diperlukan sebagai upaya lebih merekatkan bangsa Indonesia dari berbagai potensi perpecahan kedaulatan NKRI.

"Telah banyak negara yang hancur karena hanya memaksakan diri berdasarkan satu agama, satu etnis, ataupun karena menjalankan pemerintahan dengan melupakan aspek keadilan sosial," ujar Emil dalam sambutan seminar yang digelar oleh Ikatan Keluarga Alumni Universitas Katolik Parahyangan (IKA Unpar) secara daring, Rabu (2/6/2021).

Sebagaimana dilansir dari TribunJabar, seminar Kebangsaan tersebut mengusung tema besar: “Dengan Semangat Kebangsaan, Menjaga Tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia di Tengah Arus Globalisasi”.

Dalam rangka mewujudkan Indonesia unggul di tahun 2045, ucap Ridwan Kamil, Pancasila harus selalu menjadi landasan utama sebagai perekat kebangsaan.

Hal senada disampaikan Wali Kota Bogor yang juga alumni Unpar, Bima Arya. Menurutnya, negara selama ini terlalu berfokus pada pembangunan negara (state building), tetapi tak diiringi dengan pembangunan bangsa (nation bulding).

Ia pun kembali mengingatkan soal pentingnya konsep pentahelix dalam membangun karakter kebangsaan Indonesia.

"Pembangungan bangsa bukan semata-mata menjadi tanggung jawab dan kewajiban pemerintah, melainkan juga jadi kewajiban semua pemangku kepentingan di Indonesia," ujarnya

Foto : Ridwan Kamil

Komentar