Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

VIRAL! Tentang Cryptocurrency, Akhirnya Terungkap Pengertian dan Maksudnya

Apa itu Cryptocurrency  ?
Pada masa saat ini, popularitas Bitcoin tengah naik daun dan jadi bahan pembicaraan khalayak orang.

Bitcoin merupakan contoh dari sebuah  cryptocurrency atau mata uang digital. Di era digital seperti sekarang, menggunakan mata uang digital dalam berbagai transaksi virtual menjadi sesuatu yang lumrah.

Bahkan, tidak sedikit orang yang menaruh minat investasi pada cryptocurrency. Meski investasi ini menghasilkan, tetap ada rambu-rambu yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli mata uang digital.

Pengertian Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet. Sandi-sandi rahasia yang cukup rumit berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini. 
Kata “cryptocurrency” berasal dari gabungan dua kata, yaitu “cryptography” yang mempunyai arti kode rahasia, dan “currency” yang berarti mata uang. 

Konsep kriptografi sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Perang Dunia II. Ketika itu, Jerman memakai kriptografi guna mengirimkan kode-kode rahasia agar tidak mudah terbaca oleh pihak lawan.

Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat, mata uang digital justru bersifat desentralisasi. Tidak ada pihak yang hadir dan berperan sebagai perantara dalam suatu transaksi. Pembayaran dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima atau peer-to-peer. 
Namun, seluruh transaksi yang dilakukan tersebut tetap dicatat dan dipantau dalam sistem jaringan cryptocurrency.

Penambang cryptocurrency adalah mencatat transaksi ini dan memperoleh komisi berupa uang digital yang bisa dipakai. 

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency
Lalu, apakah berinvestasi cryptocurrency cukup aman? Sebelum kamu menilainya, berikut penjelasan kelebihan dan kekurangan investasi cryptocurrency.

Kelebihan
a) Potensi kenaikan harga tinggi di masa mendatang.
b) Teknologi blockchain membuat proses pembayaran mata uang digital berlangsung cepat, aman, dan mudah.
c) Menghindari pemalsuan uang karena sistem blockchain tidak memungkinkan mata uang sama melakukan dua transaksi berbeda.

Kekurangan
a) Volatilitas tinggi, yaitu kondisi ketika nilai mata uang tiba-tiba mengalami kenaikan atau penurunan nilai secara drastis dan dalam waktu cepat.
b) Sulit memprediksi nilai mata uang di masa depan, sehingga potensi kerugian lebih besar. Kadang nilai tukar mata uang digital ini juga terlampau tinggi.

Setelah dijeaskan mengenai Cryptocurrency apakah tertarik berinvenstasi ?
Saran dari Penulis mulailah berinvenstasi dengan nilai kecil terlebih dulu sembari mempelajari dunia Investasi Cryptocurrency.

Pada saat ini penulis menggunakan Rekeningku.com yang merupakan salah satu  dari 13 perusahaan yang memperoleh tanda daftar dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) sebagai pedagang fisik aset kripto.

Selain dari BAPPEBTI Mata uang Digital ini juga diawasi dan terdaftar oleh lembaga yang terjamin yakni KOMINFO, ISO/IEC27001 CBQA GLOBAL. 

Untuk mendaftar Klik Link berikut ini https://www.rekeningku.com/ref/Erwinbuulolo (ewn)

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200724172405-37-175243/awas-bodong-ini-13-pedagang-bitcoin-cs-yang-terdaftar 

Komentar