Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Terbongkar Solusi Hidup Damai Tak Harus Kaya

Setiap orang tentu ingin bahagia dan ingin agar setiap waktu yang dilewati menjadi sumber kebahagiaan sehingga hidup menjadi tenang dan menjadi bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Beberapa orang hanya bisa bahagia apabila memiliki seluruh yang diinginkannya termasuk barang-barang yang mungkin tidak digunakan sesering mungkin tetapi hanya untuk menjaga gengsi saja sehingga dianggap sebagai orang yang hebat dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara untuk selalu bahagia meskipun tidak memiliki kekayaan yang banyak namun hari-hari terus dijalankan dengan penuh ketenangan. 

Ada empat prinsip yang sangat penting untuk dipakai dalam menjalani hari-hari dan khususnya untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

Sebagaimana dikutip dari suara diungkapkan bahwa ada beberapa prinsip yang dapat dipakai agar hidup bisa bahagia dan lebih tenang.

1. Utamakan membeli kebutuhan

Kamu perlu membuat skala prioritas untuk membedakan kebutuhan dan keinginan. Prioritaskan mengelola uang untuk kebutuhan pokok seperti biaya makan, cicilan tempat tinggal, atau kebutuhan sandang.

Apabila kebutuhan pokok telah tercukupi dan masih ada sisa uang, baru anggarkan sejumlah uang untuk menuruti membeli apa yang diinginkan.

2. Membeli sesuatu sesuai kemampuan

Keinginan manusia tidak ada habisnya. Setelah membeli HP terbaru, timbul keinginan untuk membeli sepeda agar mengikuti trend kekinian.

Jangan habiskan uang hanya untuk memenuhi nafsu sesaat. Buang jauh-jauh perasaan gengsi, cukup membeli sesuatu sesuai dengan kemampuanmu.

3. Hindari utang atau paylater

Godaan di kanan kiri memang terasa menggiurkan. Kemudahan untuk bisa berutang atau menggunakan paylater dapat menyebabkan terjebak dan terlilit utang.

Melihat unggahan orang lain yang memamerkan harta di media sosial membuatmu ingin mengikutinya karena takut ketinggalan? Percayalah hal ini tidak akan ada habisnya jika terus dituruti.

4. Hindari memiliki pola pikir ‘tak akan punya jika tak mencicil’

Beberapa orang selalu memilih membeli barang melalui cicilan. Kondisi ini tak masalah apabila barang yang dibeli memang menjadi suatu kebutuhan. Akan tetapi, lain halnya apabila mencicil barang hanya untuk memenuhi gengsi atau mengikuti trend semata.

Kecuali tempat tinggal atau kendaraan, sebaiknya hindari menerapkan mindset ‘tak akan mempunyai jika tak mencicil’ agar kamu tidak menjadi pribadi yang terlalu konsumtif dan terlilit utang.

Ilustrasi Keluarga bahagia

Komentar