Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Rizieq Kenakan Syal Palestina di Persidangan, Ini Reaksi Cepat Hakim

Kabar mengejutkan datang dari Habib Rizieq Shihab yang menjalani proses persidangan atas kasus kerumunan di Petamburan Jakarta Pusat dan Megamendung kabupaten Bogor. 

Dikabarkan bahwa dalam mengikuti proses persidangan Habib Rizieq Shihab memakai syal Palestina sehingga Hakim menyampaikan bahwa demi menghormati persidangan Habib Rizieq Shihab diminta untuk melepaskan syal tersebut. 

Sebagaimana dilansir dari harianhaluan, permintaan itu berawal ketika Hakim Ketua Suparman Nyompa hendak memulai persidangan. Namun ketika melihat Rizieq duduk di kursi persidangan, terlihat yang bersangkutan memakai syal Palestina. Karena itu Rizieq diminta untuk melepas syal tersebut.

Dia menjelaskan, alasan pelepasan syal itu semata-mata untuk menjaga marwah persidangan terlepas dari rasa simpati masyarakat Indonesia atas situasi di Palestina saat ini.

"Sebelum sidang di buka, mohon maaf Pak Habib saya melihat atribut Palestina ini. Maksud saya begini, karena kita ini menjaga marwah persidangan," kata Suparman saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (20/5).

Sebagaimana diketahui saat ini kondisi konflik antara Palestina dan Israel sedang memanas di kota Gaza, dengan saling serang antara pihak tentara Israel dengan tentara Hamas yang banyak memakan korban.

"Artinya, lagi ramainya kita termasuk bersimpati lah peristiwa di sana. Tapi karena ini adalah persidangan di negara kita di Republik Indonesia kita bersihkan di dalam persidangan ini dulu," jelas Suparman.

Namun demikian, dia mengungkapkan, Rizieq dapat menggunakan syal bermotif bendera Palestina itu usai persidangan selesai.

"Masalah itu jangan dibawa atributnya mungkin bisa diganti silakan. Nanti kalau di luar persidangan boleh dipakai, silakan," ujarnya.

Foto : Habib Rizieq/Tribun Kalteng

Komentar