Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Pernyataan Jokowi Dinilai Telat, Terungkap Penyebabnya

Menonaktifkan 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi masih terus menjadi pembahasan di publik dan terlebih-lebih setelah presiden republik Indonesia Joko Widodo mengeluarkan pernyataan berkaitan dengan penonaktifan tersebut.

Dikabarkan bahwa Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti menyatakan, setelah lama ditunggu akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara tentang Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) alih fungsi pegawai KPK menjadi ASN, termasuk di dalamnya penyidik senior Novel Baswedan.

"Sekalipun terasa terlambat, karena KPK sudah mengeluarkan SK nonaktif 75 staf yang dinyatakan tidak lolos, tapi pernyataan ini bisa menjadi dasar penyelesaian nasib 75 staf KPK," kata Ray kepada wartawan, Selasa (18/5/2021).

Kendati begitu, Ray mengingatkan, pernyataan Jokowi perlu menjadi perhatian bersama. Pertama, 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lolos tes wawasan kebangsaan tidak diberhentikan, tetapi hanya dinonaktifkan.

Oleh karena itu, pernyataan presiden soal pemberhentian memang tidak ada, yang ada adalah penonaktifan.

Menurutnya, sekalipun ada ketidakakuratan, tapi pernyataan presiden ini adalah rem bagi pimpinan KPK untuk tidak melakukan pemberhentian terhadap 75 pegawai dimaksud.

"Sebab, secara logika, kelanjutan penonaktifan itu adalah pemberhentian. Jadi pernyataan presiden ini merupakan rem atas kemungkinan lanjutan kehendak pimpinan KPK untuk memberhentikan mereka," tutur Ray.

Kedua lanjut dia, penonaktifan yang dilakukan oleh pimpinan KPK terhadap 75 pegawai tersebut memang ganjil. Selain sejak awal dasar dari tes yang merupakan dasar penonaktifan mereka tidak jelas, penonaktifan ini sendiri tidak memiliki dasar aturan.

Lazimnya penonaktifan staf dapat dilakukan karena tidak dapat melaksanakan tugas, melakukan kesalahan etik atau kekeliruan professional, atau melakukan pembangkangan. (Source: SindoNews)

Presiden RI Joko Widodo/ Tangkapan Layar


Komentar