Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Mencengangkan! Ini Elektabilitas Prabowo Subianto yang Terbaru

Kabar terbaru berkaitan dengan Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Gerindra yang juga sedang menjabat sebagai Menteri Pertahanan menjadi satu-satunya pimpinan parpol yang berpotensi maju Pilpres 2024.

Dikabarkan bahwa hal ini terbukti dalam hasil kajian lembaga survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) yang baru saja merilis elektabilitas ketua umum masing-masing partai.

Posisi menteri pertahanan Prabowo Subianto masih yang teratas. Jauh meninggalkan ketua umum parpol lainnya. Elektabilitasnya mencapai 37,92 persen disusul Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri sebesar 10,78 persen.

Keduanya, Megawati dan Prabowo, sama-sama pernah bersama maju sebagai calon presiden pada tahun 2009. Namun pasangan itu gagal menduduki kursi RI 1.

Menyusul keduanya adalah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan raihan 8,89 persen. AHY adalah ketua umum partai termuda yang sukses meraup elektabilitas tinggi meninggalkan ketua umum parpol lainnya.

Elektabilitas AHY kemungkinan didukung oleh berbagai prestasi yang ditunjukkannya selama memimpin demokrat. AHY juga dekat dengan berbagai kalangan dan merupakan representasi dari generasi milenial dan kaum muda.

Selanjutnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan raupan 8,27 persen, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh 6,78 persen, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar 6,36 persen.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu 6,01 persen, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebesar 3,31 persen, dan paling buncit adalag Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa 0,99 persen.

Survei ini dilakukan pada akhir April hingga awal Mei 2021 dengan responden acak 1.200 orang dari 34 provinsi di Indonesia. Metode survei yang dilakukan adalah multistage random sampling, dengan margin of error lebih kurang 2,9 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. (Source : Indonesia inside)

Foto : Prabowo Subianto

Komentar