Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Marzuki Alie Memberikan Penjelasan Tegas Polemik Bipang

Sejak presiden republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan berkaitan dengan kuliner Nusantara atau kuliner Indonesia yang yang memiliki berbagai jenis seperti gudeg, pempek,  bandeng, siomay dan bipang.

Presiden Republik Indonesia Jokowi menyampaikan bahwa untuk memesan makanan tersebut dapat dipesan secara online dan tersedia. 

Namun yang menjadi sorotan adalah berkaitan dengan jenis kuliner bipang karena dianggap merupakan makanan babi panggang. 

Berkaitan hal itu, Marzuki Alie ikut buka suara. Dilansir dari pikiranrakyat mengunkapkan bahwa menurut  Marzuki Alie kalau Bipang merupakan sebuah makanan manis bila di daerah Palembang, Sumatera Selatan.

“Di Palembang ada makanan seperti kerupuk, terbuat dari ketan yang dicetak segi empat panjang, dikasih gula, terasa manis, namanya ‘BIPANG’,” ucap Marzuki Alie, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari akun Twitter pribadinya @marzukialie_MA, Minggu, 9 Mei 2021.

Marzuki Alie mengungkapkan, Bipang sendiri biasanya dijadikan makanan khas yang biasanya disiapkan saat lebaran Idul Fitri di Palembang.

Waktu memakannya agak pelan-pelan, karena bisa ambyar, berhamburan. Kalau lebaran disajikan dalam toples, hari biasa jarang disajikan. #KulinerNusantara,” ujarnya.

Kemudian, Marzuki Alie mengatakan bahwa terdapat nama berbeda dari makanan seperti bipang bila di daerah lain.

Ada daerah lain (bipang) disebut JIPANG,” ucap Rektor Universitas Indo Global Mandiri tersebut.

“Ada juga bahan pembuatnya yang beda. Tapi memang benar ada istilah ambawang, juga terkenal Bipang, makanan dari babi,” ujarnya.

“Tapi intinya itulah #KulinerNusantara,” katanya, menyambungkan.

Foto : Marzuki Alie

Komentar

  1. Jangan mencoba plesetkan pak..sdh jelas yg disebut BIPANG AMBAWANG DARI KALIMANTAN, bukan Palembang dan utk momen Lebaran

    BalasHapus

Posting Komentar

Berilah komentar yang mendukung dan santun