Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Dukung Israel atau Palestina? Ini Jawaban Tegas Joe Biden

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akhirnya angkat bicara persoalan antara Israel dan Palestina. 

Presiden Amerika Serikat tersebut dengan tegas mengatakan memberi dukungan terhadap Israel lewat komunikasi via telepon dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Rabu (12/5/2021). 

“Presiden (Biden) mengutuk serangan roket oleh Hamas dan kelompok teroris lainnya, termasuk terhadap Yerusalem dan Tel Aviv,” ungkap Gedung Putih dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Kamis (13/5/2021) WIB.

“Dia (Biden) juga menyampaikan dorongan Amerika Serikat untuk jalan menuju pemulihan ketenangan yang berkelanjutan,” kata pernyataan itu lagi.

Dikutip dari iNews, Menurut Gedung Putih, Biden dan Neanyahu juga sepakat untuk tetap menjalin hubungan secara pribadi di hari-hari mendatang, di samping menjaga konsultasi erat antara tim AS dan Israel.

Biden mengatakan, dia berharap siklus kekerasan antara Israel dan Palestina akan segera berakhir.

 “Keinginan dan harapan saya adalah, (konflik) ini akan disudahi lebih cepat atau lambat, tetapi Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri,” kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih, seusai percakapan jarak jauhnya dengan Netanyahu.

Biden tidak menjelaskan lebih lanjut apa yang menjadi alasan di balik sikap optimismenya itu. Dia hanya, mengatakan tim keamanan nasionalnya sering melakukan kontak dengan rekan-rekannya di Israel, Mesir, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab untuk mencoba menyelesaikan konflik tersebut.

Foto : Joe Biden

Komentar