Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Akhirnya Terungkap Sosok Suparman Nyompa, Hakim yang Sidangkan Kasus Rizieq Shihab, Semua Bikin Kaget

Kasus berkaitan dengan kasus mantan ketua umum front pembela Islam Habib Rizieq Shihab masuk pada babak akhir yaitu pembacaan putusan oleh majelis hakim yang memeriksa perkara Habib Rizieq Shihab, dkk. 

Kasus Habib Rizieq Shihab disidangkan oleh tiga majelis hakim yang diketuai oleh Hakim Suparman Nyompa, SH. MH.

Ia berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Pada 2012 lalu, Suparman mendirikan pesantren di Desa Sogi, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Pesantren itu bernama Al Hadi Al Islami. Pesantren yang didirikannya itu gratis bagi santrinya.

Dikutip dari VOI, Suparman Nyompa mendirikan pesantren ini untuk mewujudkan ahlak, sebuah cita-cita lama yang kini dicapainya. Untuk uran kasus, Suparman bukan orang sembarangan.

Jauh sebelum bertuagas di PN Jaktim, Suparman ditempatkan di PN Pangkajene dan PN Makassar. Dirinya pernah memimpin sidang raja narkoba internasional yang menyeret Amiruddin Rahman alias Aco. Aco dijatuhi hukuman mati.

Khusus untuk kasus Rizieq, Suparman memimpin untuk dua kasus. Pertama, perkara nomor 226/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim dimana Rizieq didakwa dengan Pasal 93 UU No.6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan/atau Pasal 14 ayat (1) dan/atau Pasal 216 ayat (1) KUHP tentang Wabah penyakit menular.

Kedua, perkara nomor 221/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim. Rizieq didakwa Pasal 160 KUHP juncto Pasal 93 dan/atau Pasal 216 ayat (1) KUHP jo.Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan/atau Pasal 92 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Komentar

  1. Memang betul punya pesantren saya termasuk disuruh jaga keamananx dan alumni SMP anabanua dan saya sebangku dg beliau

    BalasHapus

Posting Komentar

Berilah komentar yang mendukung dan santun