Waduh! Rizieq Shihab Minta Kasusnya Dihentikan, Alasannya Karena Ini

Iklan

terkini

Waduh! Rizieq Shihab Minta Kasusnya Dihentikan, Alasannya Karena Ini

, Tuesday, April 06, 2021 WIB Last Updated 2021-04-06T13:32:40Z
Kabar Mengejutkan datang dari Majelis hakim yang membacakan putusan sela atas kasus Habib Rizieq Shihab dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (6/4/2021).

Kabar mengejutkan tersebut adalah Hakim menolak eksepsi terdakwa Rizieq Shihab dan penasihat hukumnya dalam kasus kerumunan atau dugaan pelanggaraan kekarantinaan kesehatan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Bahwa berkaitan dengan rgumentasi Rizieq yang  sudah membayar denda Rp 50 juta terkait pelanggaran yang dilakukannya, menurut majelis hakim, hal itu hanya bersifat administratif.

"Pembayaran denda administratif yang dikeluarkan Satpol PP DKI Jakarta, bukan sanksi dari lembaga peradilan tetapi pemberian sanksi tersebut bersifat administratif dari pemerintah DKI Jakarta," kata hakim membacakan putusan sela.

"Karena itu pemberian sanksi administratif terhadap terdakwa tersebut tidak bisa dipandang sebagai putusan hakim," lanjut jaksa.

Sebagaimana dikutip dari kompas yang mengatakan bahwa sebelumnya, Rizieq Shihab yang terjerat kasus pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 mengatakan dirinya sudah membayar denda Rp 50 juta.

Sehingga, menurut dia, proses hukum terhadap dirinya tidak dapat lagi dilakukan, atau sesuai dengan asas nebis in idem seperti yang tertulis dalam Pasal 76 KUHP, tulis kuasa hukum Rizieq dalam nota keberatan (eksepsi) yang dibacakan Jumat (26/3/2021).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Waduh! Rizieq Shihab Minta Kasusnya Dihentikan, Alasannya Karena Ini

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x