Langsung ke konten utama

Trending Topic

Anggota Polsek ke Anggota Polres: “Kamu Sudah Sering Saya Ingatkan”, Setelah Itu Dor…

Vaksin Nusantara, Penyanyi dr. Tompi: Ini Bukan Bikin Pecel Lele

Kabar berkaitan dengan pengembangan Vaksin Nusantara masih menuai kontroversi.

Dikabarkan bahwa para peneliti Vaksin Nusantara tetap melakukan uji klinis fase dua meski belum mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

Meskipun demikian, dikabarkan bahwa banyak tokoh nasional dan artis yang mendukung Vaksin Nusantara tersebut sehingga banyak yang siap untuk ikut Uji Klinis. 

Atas hal itu mendapat perhatian dari penyanyi sekaligus dokter, Teuku Adifitrian atau lebih dikenal Tompi.

Tompi menegaskan bahwa Vaksin Nusantara harus memenuhi syarat teknis sebelum bisa digunakan.

Sekalipun ribuan artis mendukung terhadap vaksin besutan eks Menkes Terawan Agus Putranto, tidak bisa mengubah ketentuan syarat yang harus dipenuhi itu.

“Mau didukung 1000 artis pun kalau tidak bisa memenuhi syarat ya gak bisa dilaksanakan. Ini bukan bikin pecel lele,” kata Tompi sebagaiman dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Twitter @dr_tompi, Minggu, 18 April 2021.

Sebelumnya, Kepala BPOM, Penny Lukito mengungkap alasan belum mengeluarkan izin tersebut.

Menurut Penny, masih ada sejumlah syarat yang belum dipenuhi oleh vaksin yang digagas mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Syarat tersebut di antaranya cara uji klinik yang baik (good clinical practical), proof of concept, good laboratory practice, dan cara pembuatan obat yang baik (good manufacturing practice).

Salah satu syarat yaitu proof of concept dari Vaksin Nusantara, lanjut Penny, juga belum terpenuhi. Antigen pada vaksin tersebut dinilai tak memenuhi pharmaceutical grade.

"Pemenuhan kaidah good clinical practice juga tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Komite etik dari RSPAD Gatot Subroto, tapi pelaksanaan penelitian ada di RS dr Kariadi," kata Penny dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Rabu 10 Maret 2021 dikutip dari PMJ News. (Source : pikiranrakyat)

Foto : hasil Tangkapan Layar

Komentar