Langsung ke konten utama

Trending Topic

Korban Perkosaan Melapor Malah Ditolak Dua Kantor Polisi dengan Alasan Berbeda

Terbongkar : 7 Cara agar Lulus Tes SKD CPNS 2021, Lihat dan Bagikan

Pemerintah akan segera membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun 2021. 

Mengikuti penerimaan pegawai negeri sipil tentu banyak tantangan dan proses yang harus dilewati.
 
Salah satu proses yang harus dilewati adalah harus lulus pada tahap skd.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk lulus pada tahap SKD? 

Dilansir dari PortalJember menjelaskan tujuh hal yang harus disiapkan untuk lulus SKD, yakni : 
1. Mengukur Kemampuan SKD

Hal ini amat penting sebab akan berkaitan dengan pilihan instansi. Cara mengetesnya mudah. Carilah buku panduan CPNS yang akan menyertakan cara penghitungan nilai SKD.

Tes SKD merupakan tes awal CPNS dimana banyak peserta akan gugur di tes ini. Setelah itu simpan hasil tes SKD. Tapi tentunya jangan hanya mengambil satu kali hasil uji coba saja. Cobalah beberapa kali agar hasil yang dikerjakan mendapat nilai yang maksimal.

2. Ikut Bimbingan Belajar (Bimbel)

Selain belajar mandiri, pelamar CPNS juga bisa mengikuti kegiatan bimbingan belajar atau biasa disebut bimbel. Biasanya, menjelang pembukaan CPNS, banyak yang menyediakan jasa bimbel kepada calon pelamar CPNS.

Bimbel yang dilukakan ini bisa menjadi tolak ukur peserta untuk tahu seberapa besar kemampuan diri sendiri, kemudian baru bisa dilanjutkan untuk melihat formasi atau lowongan CPNS yang dibuka. Dari situlah peserta bisa melihat peluang yang ada.

3. Pelajari makna Pancasila dan Undang-Undang

Soal untuk TWK, peserta harus sering membaca terkait Undang-Undang, Pancasila serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara.

4. Posisikan diri sebagai ASN saat mengerjakan soal TKP

Saat mengerjakan soal TKP, anda diharuskan untuk memposisikan diri sebagai ASN yang memiliki karakteristik yang profesional berintegritas, siap mengabdi pada negara dan mengutamakan kepentingan publik sebelum kepentingan pribadi.

5. Tenang dalam mengerjakan soal

Saat mengerjakan soal, sebaiknya tetap tenang dan janganlah panik. Jangan lupa juga untuk selalu memahami materi tes, untuk strategi pengerjaan soal, peserta tetap harus berhati-hati.

6. Jaga Kesehatan

Kesehatan sangatlah penting, kondisi kesehatan yang kurang baik akan mengurangi konsentrasi dalam mengerjakan soal.

7. Berdoa dan Optimis lulus CPNS 2021

Setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan matang, selanjutnya tinggal mengikuti serangkaian proses seleksi dari awal hingga akhir.


Komentar