Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Penilaian Terhadap HRS Menghina Peradilan, Ini Tanggapan Tegas Mahfud MD

Proses hukum Habib Rizieq Shihab terus berlanjut di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. 

Berkaitan dengan proses yang terungkap dalam fakta persidangan khususnya berkaitan dengan tindakan Habib Riziq Shihab di pengadilan mendapat sorotan dari beberapa pihak. 

Berdasarkan hal tersebut Menkopolhukam memberikan tanggapan. 

Dikutip dari okezone menjelaskan bahwa Mahfud mengatakan, pemerintah pada dasarnya tidak bisa mengomentari persidangan Habib Rizieq. Sebab, hal itu sudah menjadi wilayah hukum yang tidak bisa diintervensi.

Namun demikian, Mahfud berpendapat bahwa hakim memiliki kewenangan penuh untuk memerintahkan terdakwa dan unsur-unsur lainnya dalam suatu persidangan.

"Persidangan itu sudah keluar dari ranah pemerintah ya. Itu hakim, hakim punya wewenang untuk memerintahkan apapun, nanti aparat pemerintah seperti polisi, kejaksaan itu nanti melaksanakan. Kan itu sudah ada aturannya," katanya usai ngopi bareng pengacara kondang Hotman Paris di Kopi Johny, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (20/3/2021).

"Iya dong kalau itu (hakim bisa bersikap lebih keras). Tetapi itu urusan hakim, gitu ya. Saya pemerintah nggak boleh 'eh hakim harus begini', tidak boleh. Saya dengar kemarin 'eh Pak Menko Polhukam Pak Mahfud MD kami dibeginikan,' saya dengar itu viral, tapi ketahuilah saya bukan hakim. Tidak boleh saya woi harus begini hakimnya, harus begini, nggak bisa," terang dia.


Foto : Hasil Tangkapan Layar


Komentar