Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Pendaftaran CPNS Di Buka, Ada Kabar Baik Khusus Guru Honorer, Segera Lihat

Diberitakan sebelumnya bahwa pemerintah  segera membuka pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil baik di pusat maupun daerah.

Penerimaan calon pegawai negeri sipil tersebut memiliki beberapa formasi yang harus disiapkan dan dipilih oleh para peserta bahkan penerimaan CPNS juga disiapkan bagi mereka yang hanya lulus SLTA atau sederajat.

Khusus bagi guru honorer memiliki kabar baik dalam penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil tahun ini. 

Dalam penjelasan mediakita mengungkap bahwa Menurut Tjahjo, setiap tahun pemerintah memang melakukan rekrutmen. Tetapi pada tahun 2020, pemerintah tidak mengadakan seleksi CASN karena kondisi pandemi Covid–19. Namun demikian, pembatalan tersebut memberikan kesempatan bagi pemerintah untuk merencanakan dengan baik seleksi yang akan diselenggarakan pada tahun 2021.

“Maka terkait dengan seleksi tahun 2021, pertama perlu saya tegaskan, terkait dengan pengadaan 1 juta guru PPPK, Kementerian PANRB mendukung upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk merekrut melalui skema PPPK yang dilakukan untuk menyelesaikan kekurangan guru di seluruh daerah yang selama ini diisi oleh tenaga honorer,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Tjahjo, pemerintah memutuskan untuk membuka kurang lebih 1 juta lowongan guru dengan skema PPPK. Untuk mengisi lowongan ini adalah tenaga-tenaga honorer yang sudah terdaftar dalam data pokok pendidikan (Dapodik) Kemendikbud. Para guru eks Tenaga Honorer Kategori-2, dan lulusan PPG (Pendidikan Profesi Guru) yang tidak mengajar pun bisa mengisi lowongan guru PPPK ini.

“Bahkan Kemendikbud menyediakan fasilitas bagi tenaga-tenaga honorer ini meningkatkan kemampuan dalam menghadapi tes seleksi, dan memberikan kesempatan tes sebanyak tiga kali,” katanya.

“Terkait dengan pengadaan ASN di pemerintah daerah, perlu saya jelaskan, untuk mengisi kebutuhan jabatan lainnya di pemerintah daerah selain jabatan guru, pemerintah juga telah menentukan kebutuhan sekitar 189.000 formasi untuk CPNS dan PPPK,” ujarnya.


Komentar