Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Moeldoko Capres 2024, Mendekati Kenyataan

Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang Sumatera Utara yang juga sebagai kepala staf kepresidenan Moeldoko mendekati kenyataan untuk menjadi calon Presiden Republik Indonesia tahun 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab menilai langkah mantan Panglima TNI ini mengambilalih partai dengan KLB Demokrat bisa ditafsirkan sebagai upaya cepat untuk dapat berkompetisi di Pilpres mendatang.

"Tujuannya Pilpres. Meskipun secara itung-itungan elektabilitas Pak Moeldoko masih jauh di bawah yang lainnya," kata Fadhli saat dihubungi, Jumat (12/3/2021).

Selanjutnya berdasarkan penjelasan dari Okezone, menyebutkan bahwa Menurutnya, kemungkinan untuk mengerek elektabilitas mantan Panglima TNI itu masih terbuka karena Moeldoko berposisi juga sebagai Kepala KSP.

"Tinggal bagaimana Moeldoko mampu mengkapitalisasi posisinya dan mengkonversi menjadi elektabilitas. Dan sepertinya jalan untuk itu (Nyapres) dibuka oleh Presiden Jokowi," terangnya.

Namun demikian, lanjut analis asal UIN Jakarta itu, opsi lain bagi Moeldoko dan Demokrat versi KLB jika tidak menjadi capres adalah sebagai suksesor calon lain. Setidaknya, kubu dan pendukung Moeldoko bisa menjadikan PD sebagai modal awal untuk meminang figur tertentu yang dianggap layak bertarung di 2024.

"Bisa jadi juga menjadi suksesor calon lain, jika Demokrat versinya mendapat pengakuan dari Kemenkumham. Mengutip quote Bung Karno Bermimpilah setinggi langit kalau pun jatuh di antara bintang-bintang, seperti itulah kira-kira," pungkasnya.


Komentar