Langsung ke konten utama

PNS Bisa Menjadi KadesTanpa Mundur, Ternyata Ini Syaratnya

Jadi Simbah Setuju Jokowi 3 periode? Ini Jawaban Ngeri Cak Nun

Isu tentang presiden republik Indonesia Joko Widodo untuk maju sebagai Presiden Republik Indonesia untuk ketiga periode nya masih menjadi pembicaraan hangat di publik sebab banyak pihak yang menginginkan agar Jokowi bisa maju menjadi Presiden Republik Indonesia untuk ketiga kalinya namun ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa hal tersebut tidak dimungkinkan.

Atas dasar itu, presiden republik Indonesia Joko Widodo menjawab isu tersebut dengan tegas bahwa dirinya tidak berniat dan tidak menginginkan untuk maju lagi sebagai presiden Indonesia untuk 3 periode. 

Menariknya adalah ketika Budayawan Emha Ainun Nadjib atau yang biasa disebut Cak Nun ditanya tentang pendapatnya berkaitan dengan isu presiden republik Indonesia Joko Widodo maju sebagai presiden lagi untuk ketiga periode justru memberikan jawaban mengejutkan.

Penjelasannya dari Makassar terkini mengungkapkan bahwa Cak Nun menilai bahwa jika Jokowi dipandang dan disepakati oleh masyarakat menjadi presiden, maka jangankan tiga periode, Jokowi bisa menjabat lima periode bahkan seumur hidup.

“Kalau memang itu dinilai dan disepakati itu yang terbaik ,jangan hanya tiga periode, lima periode. ya seumur hidup,” ujar Cak Nun dikutip dari Suara.com, Kamis, 25 Maret 2021.

“Kalau mau seperti Swiss, punya lima presiden yang digilir setiap tahun. itu juga tidak buruk,” katanya.

Sebelumnya, Jokowi sempat mengatakan bahwa jangan menjerumuskan atau menjilat-jilat dirinya dengan wacana tiga periode.

Cak Nun melihat hal tersebut sebagai sebuah kewaspadaan dari Jokowi.

“Anda harus cerdas orang sekualitas Pak Jokowi mana bisa dijerumuskan, orang yang kepribadiannya matang seperti pak Jokowi ga mungkin dijilat-jilat,” papar Cak Nun.

Kemudian Cak Nun ditanyai oleh salah seorang pria dalam video tersebut.

Jadi simbah setuju Jokowi 3 periode atau seumur hidup?” tanya pria itu.

“Lah yang nanya ini siapa. Indonesia tak pernah tanya sama saya kok. Kalo yang nanya Indonesia bisa saya jawab, tapi kalo anda, kamu, anak-anakkku yang nanya, laa emang jawaban ku akan berakibat apa?,” jawab Cak Nun.

“Kan juga tidak didengarkan siapapun juga. Jadi tidak penting saya setuju tidak setuju Jokowi 5 periode, 3 periode. seumur hidup. Yang penting Jokowi dan rakyat Indonesia. Saya kan bukan bagian signifikan disitu,” terangnya panjang lebar.


Komentar