Langsung ke konten utama

Trending Topic

Massa Bakar Pos Anggota Raider 200 dan Batalyon Zipur 2, Apa Yang Terjadi

Jadwal BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3, Menaker: BLT Subsidi Gaji Sampai 12,4 Juta Karyawan

OBERITA – Tentang jadwal pencairan uang BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3, Menaker Ida mengatakan Kemnaker akan fokus penyaluran bantuan hingga mencapai target ke 12,4 juta karyawan.

Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) secara resmi membeberkan bahwa bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan di termin 2 akan disalurkan hingga 12,4 juta penerima. 

Hal ini telah dikonfirmasi pula oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah.

Baca Juga: Experience Hyundai Virtual Motor Show [PR]

"Kita terus mempercepat penyaluran bantuan subsidi gaji atau upah sampai 12,4 juta penerima sehingga bisa segera diterima oleh para pekerja/buruh sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan," kata Menaker Ida di Jakarta pada Jumat, 11 Desember 2020 seperti Fix Indonesia kutip dari website resmi

Berdasarkan data dari Kemnaker, pertanggal 8 Desember 2020, berikut adalah data penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 2:

Tahap I disalurkan kepada 2.177.915 pekerja

Tahap II disalurkan kepada 2.711.358 pekerja.

Tahap III disalurkan kepada 3.146.314 pekerja

Tahap IV disalurkan kepada 2.439.982 pekerja

Tahap V disalurkan kepada 548.211 juta pekerja

Baca Juga: Yuk Ke Hyundai Virtual Motor Show 11-20 Desember, Ada Promo! [PR]

Berdasarkan data per 8 Desember 2020, bantuan subsidi gaji atau upah pada termin kedua ini penyalurannya telah mencapai 11.023.780 pekerja/buruh.

Jika merujuk pada pernyataan Menaker Ida, maka masih ada sekitar 1,4 juta karyawan yang belum menerima bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan di termin 2.

Mengenai jadwal pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 belum mengonfirmasi hal tersebut secara resmi, Namun yang jelas pencairan hingga memenuhi dan diterima oleh 12,4 juta karyawan akan terus dilakukan di bulan Desember.

"Sampai saat ini, data penyalurannya sudah mencapai sebanyak sebelas juta orang dan proses penyaluran masih berjalan hingga nanti mencapai sekitar 12,4 juta penerima," ujar Menaker Ida.

Adapun besaran anggaran yang telah disalurkan melalui tahap pertama pada termin kedua penyaluran subsidi gaji atau upah anggarannya mencapai Rp2,613 triliun, tahap II Rp3,253 triliun, tahap III sebanyak Rp3,775 triliun

Sedangkan di tahap IV mencapai Rp2,927 triliun, dan tahap V mencapai Rp657,853 miliar. Sehingga total anggaran yang telah tersalurkan untuk termin 2 adalah Rp13,228 triliun.

Bagi Anda yang telah mendaftar sebagai penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan bisa mengetahui secara detail mengenai informasi penerima melalui www.kemnaker.go.id. Berikut ini caranya

Buka website resmi Kementerian Ketenagakerjaan di kemnaker.go.id
Klik tombol masuk di pojok kanan atas, lalu masukkan No. KTP/ No. HP/ Email dan password terdaftar.

Jika belum melakukan pendaftaran, maka mendaftarkan diri dengan klik tombol daftar sekarang di bawah form masuk, atau terdapat di pojok kanan atas laman awal kemnaker.

Isi data diri seperti NIK, Nama Orang Tua, Email, Nomor HP, dan Password kemudian klik Daftar Sekarang.

Setelah selesai, nantinya akan ada pesan singkat atau SMS ke nomor HP yang terdaftar.

Lakukan aktivasi akun dengan cara masuk kembali ke laman kemnaker dan klik tombol Masuk di pojok kanan atas website.

Isi formulir yang tersedia dengan lengkap, lalu akan muncul status pemberitahuan apakah Anda masuk dalam daftar penerima BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan atau tidak

SUMBER: PIKIRAN RAKYAT

Komentar